Selasa, 21 September 2010

WinPDF Writer - Aplikasi Convert Word to PDF

WinPDF Writer adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mengconvert sebuah document atau file yang berformat Microsoft Word (.doc) ke Adobe Acrobat Reader (.pdf). Aplikasi WinPDF Writer ini pada umumnya digunakan oleh beberapa orang untuk mematenkan tulisan yang telah dia buat sebelumnya di Microsoft Word agar ketika tulisan itu disebarkan atau di upload ke internet, tulisan tersebut tidak dapat di edit oleh orang lain kecuali tulisan tersebut diketik ulang atau memakai sebuah aplikasi convert untuk mengeditnya. Inilah kenapa lebih dari 90% artikel, tutorial dan E-book yang tersebar di dunia maya adalah file yang berformat pdf. Berikut adalah Cara Menginstall dan Menggunakan Aplikasi WinPDF Writer :

A. Menginstall Aplikasi

1. Bukalah jendela explorer (Ctril-E) atau tempat file installan Anda simpan, kemudian klik lah 2x file install WinPDF Writer tersebut.


2. Setelah men-double klik file install tersebut, Proses penginstalan pun di mulai. Pada tahap pertama ini pilih Next.


3. Kemudian Installer akan membawa Anda ke Licence Agreement, untuk tahap ini pilih I accept the license agreement, setelah itu Next lagi.


4. Tahap selanjutnya adalah pengisian User Information, isilah Full Name dan Organization sesuai keinginan Anda dan Pilih Option Anyone who uses this computer agar semua user yang berada di komputer Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Setelah itu Next.


5. Setelah itu Installer akan menanyakan kepada Anda dimana akan meletakan program installan tersebut (biarkan pada defaultnya). Kemudian Next lagi.


6. Tahap selanjutnya adalah pemilihan type instalasi. Pilih Complate (Menginstal semua paket yang ada pada aplikasi WinPDF Writer) atau Custumize (Memilih salah satu dari paket aplikasi yang ada pada WinPDF Writer). Setelah itu Next.


7. Kemudian pilih next untuk memulai proses instalasi.


8. Selanjutnya adalah proses penginstalan. Tunggulah beberapa menit sampai proses ini selesai.


9. Setelah Proses di atas selesai. Proses Instalasi pun selesai. Klik Finish untuk menyelesaikan proses instalasi.



B. Menggunakan Aplikasi WinPDF Writer

1. Bukalah document Microsoft Word yang ingin di convert menjadi document berformat Pdf.


2. Tahap selanjutnya, klik file kemudian pilih menu print (CTRL-P).


3. Setelah masuk ke menu print langkah selanjutnya adalah merubah name printernya menjadi WinPdf Writer, setelah itu Ok. Lebih jelasnya silahkan liat ilustrasi dibawah ini.


4. Setelah Anda mengklik Ok pada menu print tadi, secara otomatis Anda akan diperintahkan untuk melakukkan save pada document tersebut. Isilah File Name dari document tersebut dan pilihlah lokasi dimana file tersebut ingin Anda simpan kemudian klik Save.


5. Proses convert selesai ketika Anda mengklik tombol save, silahkan check file yang sudah Anda convert. Inilah hasil dari ilustrasi tersebut.


Note : Penggunaan aplikasi WinPDF Writer ini bisa digunakan disemua Microsoft Word, baik itu versi lama atau versi baru dan cara penggunaan aplikasi ini sama disemua versi. File Microsoft Word (.doc) yang sudah diconvert ke Adobe Acrobat Reader (.pdf) tidak akan hilang setelah diconvert, file tersebut masih tetap ada ditempatnya walaupun file tersebut sudah diconvert.

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar